451
53. Mata Pelajaran Biologi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah
Aliyah (MA)
A. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu (inquiry)
tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya sebagai penguasaan
kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsipprinsip
saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA di
sekolah menengah diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk
mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih
lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan IPA
menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan
kompetensi agar peserta didik menjelajahi dan memahami alam sekitar secara
ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga
dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih
mendalam tentang dirinya sendiri dan alam sekitar.
Biologi sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman
belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini
meliputi keterampilan mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat
dan bahan secara baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan
dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan dan
menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau
tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang relevan untuk menguji
gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Mata pelajaran Biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis,
induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peristiwa alam sekitar. Penyelesaian masalah yang bersifat kualitatif dan
kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang
matematika, fisika, kimia dan pengetahuan pendukung lainnya.
B. Tujuan
Mata pelajaran Biologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut.
1. Membentuk sikap positif terhadap biologi dengan menyadari keteraturan
dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha
Esa
2. Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat
bekerjasama dengan orang lain
3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji
hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan
secara lisan dan tertulis
452
4. Mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif
dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi
5. Mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi dan saling
keterkaitannya dengan IPA lainnya serta mengembangkan pengetahuan,
keterampilan dan sikap percaya diri
6. Menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya
teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan manusia
7. Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian
lingkungan.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Biologi di SMA / MA merupakan kelanjutan IPA di SMP/MTs
yang menekankan pada fenomena alam dan penerapannya yang meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
1. Hakikat biologi, keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk
hidup, hubungan antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan energi,
peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
2. Organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan,
hewan dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan,
teknologi dan masyarakat
3. Proses yang terjadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas,
evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi
dan masyarakat.
453
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami hakikat Biologi
sebagai ilmu
1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup
Biologi
1.2 Mendeskripsikan objek dan
permasalahan biologi pada berbagai
tingkat organisasi kehidupan (molekul,
sel, jaringan, organ, individu, populasi,
ekosistem, dan bioma)
2. Memahami prinsip-prinsip
pengelompokan makhluk
hidup
2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi,
dan peran virus dalam kehidupan
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri
Archaeobacteria dan Eubacteria dan
peranannya bagi kehidupan
2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam
kingdom Protista, dan peranannya bagi
kehidupan
2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenisjenis
jamur berdasarkan hasil
pengamatan, percobaan, dan kajian
literatur serta peranannya bagi
kehidupan
454
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3.1 Mendeskripsikan konsep
keanekaragaman gen, jenis, ekosistem,
melalui kegiatan pengamatan
3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman
hayati Indonesia, dan usaha pelestarian
serta pemanfaatan sumber daya alam
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio
dalam Dunia Tumbuhan dan
peranannya bagi kelangsungan hidup
di bumi
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam
Dunia Hewan dan peranannya bagi
kehidupan
3. Memahami manfaat
keanekaragaman hayati
4. Menganalisis hubungan
antara komponen ekosistem,
perubahan materi dan energi
serta peranan manusia dalam
keseimbangan ekosistem
4.1 Mendeskripsikan peran komponen
ekosistem dalam aliran energi dan daur
biogeokimia serta pemanfaatan
komponen ekosistem bagi kehidupan
4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan
manusia dengan masalah
perusakan/pencemaran lingkungan dan
pelestarian lingkungan
4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan
daur ulang limbah
4.4 Membuat produk daur ulang limbah
455
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami struktur dan
fungsi sel sebagai unit
terkecil kehidupan
1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi
sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit
terkecil kehidupan
1.2 Mengidentifikasi organela sel
tumbuhan dan hewan
1.3 Membandingkan mekanisme transpor
pada membran (difusi, osmosis,
transport aktif, endositosis, eksositosis)
2. Memahami keterkaitan
antara struktur dan fungsi
jaringan tumbuhan dan
hewan, serta penerapannya
dalam konteks Salingtemas
2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan
tumbuhan dan mengaitkannya dengan
fungsinya, menjelaskan sifat
totipotensi sebagai dasar kultur
jaringan
2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan
hewan Vertebrata dan mengaitkannya
dengan fungsinya
3. Menjelaskan struktur dan
fungsi organ manusia dan
hewan tertentu,
kelainan/penyakit yang
mungkin terjadi serta
implikasinya pada
Salingtemas
3.1 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi
pada sistem gerak pada manusia
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi
pada sistem peredaran darah
456
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Menjelaskan struktur dan
fungsi organ manusia dan
hewan tertentu, kelainan
dan/atau penyakit yang
mungkin terjadi serta
implikasinya pada
Salingtemas
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi
pada sistem pencernaan makanan pada
manusia dan hewan (misalnya
ruminansia)
3.4 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi
pada sistem pernapasan pada manusia
dan hewan (misalnya burung)
3.5 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi
pada sistem ekskresi pada manusia dan
hewan (misalnya pada ikan dan
serangga)
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi
pada sistem regulasi manusia (saraf,
endokrin, dan penginderaan)
3.7 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses yang
meliputi pembentukan sel kelamin,
ovulasi, menstruasi, fertilisasi,
kehamilan, dan pemberian ASI, serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi
pada sistem reproduksi manusia
3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan
tubuh terhadap benda asing berupa
antigen dan bibit penyakit
457
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Melakukan percobaan
pertumbuhan dan
perkembangan pada
tumbuhan
1.1 Merencanakan percobaan pengaruh
faktor luar terhadap pertumbuhan
tumbuhan
1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh
faktor luar terhadap pertumbuhan
tumbuhan
1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan
pengaruh faktor luar terhadap
pertumbuhan tumbuhan
2. Memahami pentingnya
proses metabolisme pada
organisme
2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam
proses metabolisme
2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme
dan anabolisme karbohidrat
2.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses
metabolisme karbohidrat dengan
metabolisme lemak dan protein
3. Memahami penerapan
konsep dasar dan prinsipprinsip
hereditas serta
implikasinya pada
Salingtemas
3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan
kromosom
3.2 Menjelaskan hubungan gen (DNA)-
RNA-polipeptida dan proses sintesis
protein
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses
pembelahan mitosis dan meiosis
dengan pewarisan sifat
3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam
mekanisme pewarisan sifat
3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi dan
implikasinya dalam Salingtemas
458
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
4. Memahami teori evolusi
serta implikasinya pada
Salingtemas
4.1 Menjelaskan teori, prinsip, dan
mekanisme evolusi biologi
4.2 Mengkomunikasikan hasil studi evolusi
biologi
4.3 Mendeskripsikan kecenderungan baru
tentang teori evolusi
5. Memahami prinsip-prinsip
dasar bioteknologi serta
implikasinya pada
Salingtemas
5.1 Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan
jenis-jenis bioteknologi
5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran
bioteknologi serta implikasi hasil-hasil
bioteknologi pada Salingtemas
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Blog Roll

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "